Meningkatkan Nilai Jual Melalui Packaging dan Branding


  Senin, 02 Juli 2018 Berita DITJENPDT

Indonesia dikaruniai dengan kekayaan alam yang berlimpah, bayangkan jika kekayaan ini bisa dimanfaatkan seutuhnya oleh masyarakat Indonesia melalui proses produksi produk dan didistribusikan dan dipasarkan dengan baik.

Karena kenyataannya, masih banyak produksi produk hasil kekayaan alam Indonesia belum dikemas secara baik. Kenapa kemasan menjadi penting, karena kemasan atau packaging adalah hal terpenting bagi branding sebuah produk. Melalui packaging yang menarik dapat meningkatkan nilai jual dari produk itu sendiri.

Guna meningkatkan nilai dari produk unggulan, khususnya dari daerah tertinggal, Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal menggandeng Kreavi.com, sebuah situs web jejaring sosial dan marketplace untuk pekerja kreatif visual Indonesia.

Melalui proyek bernama Tata Rupa, Kreavi bersama Pahlawan Ekonomi Surabaya mempertemukan para pelaku UMKM dengan desainer dalam sebuah workshop terpadu yang bertujuan untuk menghasilkan sebuah brand yang baru dari UMKM tersebut.

Pada Kamis, 24 Mei 2018 Tim Direktorat Pengembangan Ekonomi Lokal Ditjen PDT, bersama dengan Tim Kreavi.com melakukan survey di Kabupaten Pandeglang untuk mengetahui kondisi produk dan rumah kemasan di Pandeglang.

Dalam survey tersebut dilakukan sosialisasi tentang pentingnya peran desain untuk sebuah produk, karena pada dasarnya Pandeglang memiliki banyak potensi produk unggulan, namun belum memiliki kemasan dan branding yang kuat.

Ditjen PDT bersama Kreavi.com selanjutnya akan melakukan pelatihan kepada para pelaku UKM di Kabupaten Pandeglang terkait pentingnya sebuah kemasan untuk menambah nilai sebuah produk, dan juga pelatihan dasar internet dan pemasaran online, agar produk tersebut bisa dioptimalkan melalui market online.