Sesditjen PDT Terima Audiensi DPRD Provinsi Gorontalo Bahas Kawasan 3T


  Selasa, 08 Mei 2018 Berita DITJENPDT

JAKARTA - Sekretaris Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Ir. Razali, M.Si menerima kunjungan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Gorontalo di Kantor Kemendesa PDTT, Jakarta Pusat, Selasa (8/5).

Kunjungan yang dilakukan oleh rombongan DPRD Provinsi Gorontalo tersebut dipimpin oleh Bapak Awe Talim dan bertujuan untuk melakukan konsultasi terkait penetapan daerah sebagai wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di Provinsi Gorontalo khususnya yang berada di desa-desa tertinggal.

Pimpinan rombongan DPRD Provinsi Gorontalo tersebut menyatakan bahwa terdapat satu kecamatan di Kabupaten Bone Bolango yang seharusnya termasuk ke dalam kategori daerah tertinggal yaitu Kecamatan Pinogu yang mencakup empat desa, Pinogu, Bangiyo, Pinogu Permai, dan Dataran Hijau yang lokasinya berada di pedalaman hutan kawasan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone.

Salah satu permasalahan utama di kecamatan tersebut adalah rendahnya aksesibilitas masyarakat dikarenakan kondisi jalan yang masih berupa tanah dan kondisinya sangat rusak parah sehingga menyulitkan masyarakat dalam melakukan perjalanan bahkan masyarakat perlu mengeluarkan ongkos Rp 500.000 jika menggunakan ojek. Kondisi tersebut menyebabkan Kecamatan Pinago semakin terisolir dari wilayah lainnya padahal di kecamatan tersebut terdapat potensi perekonomian dengan adanya tanaman kopi dengan kualitas ekspor.

Selain itu permasalahan lainnya adalah tidak adanya insentif bagi PNS baik guru maupun tenaga kesehatan yang mengabdikan diri di wilayah tersebut yang termasuk ke dalam daerah terisolir padahal seharusnya guru dan tenaga kesehatan yang mengabdikan di daerah terisolir mendapatkan perhatian khusus seperti pemberian insentif.

Oleh karena itu, anggota DPRD Provinsi Gorontalo sebagai penyalur aspirasi masyarakat menyampaikan kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi agar dapat memberikan keberpihakan kepada desa-desa yang ada di Kecamatan Pinogu, Kabupaten Bone Bolango mengingat desa-desa tersebut memiliki potensi perekonomian yang dapat dimaksimalkan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.