Dirjen PDT Tutup Forum Berbagi Pengetahuan dan Praktik Baik


  Selasa, 03 April 2018 Kegiatan DITJENPDT

JAKARTA - Direktur Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal, Samsul Widodo menutup acara Forum Berbagi Pengetahuan dan Praktik Baik, Model Kemitraan Kegiatan Univeristas Membangun Desa (UMD) di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Kamis (22/3).

Kegiatan Universitas Membangun Desa (UMD) sendiri diprakarsai oleh Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (Kompak), sebuah kemitraan antara pemerintah Indonesia-Australia.

Kegiatan UMD bertujuan untuk mengoptimalkan potensi dan sumber daya yang ada, dimana Kuliah Kerja Nyata (KKN) atau program yang sejenis dilaksanakan, untuk menghasilkan dampak yang lebih nyata terhadap desa, komunitas maupun pemerintah daerah.

Adapun program UMD sudah dimulai sejak Juni 2016 hingga pertengahan 2017 dengan melibatkan empat Universitas.

Empat universitas tersebut yaitu Universitas Katolik Parahyangan, Universitas Jember, Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry Aceh dan UIN Alauddin Makassar yang terpilih melalui kompetisi terbuka.

Sampai saat ini, pelaksanaan program UMD telah melibatkan 18 desa, 4 kabupaten, 4 provinsi dan 614 mahasiswa.

Kompak dalam hal ini memberikan pendampingan dalam rancang bangun program di masing-masing universitas, membantu akses peluang kolaborasi dengan pemerintah daerah, serta evaluasi berkala untuk memastikan prigram berjalan sesuai rencana.