Beasiswa Unggulan 2018 Prioritaskan Daerah Tertinggal


  Selasa, 03 April 2018 Berita DITJENPDT

JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan memprioritaskan para pelamar dari daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T) dalam seleksi Beasiswa Unggulan 2018 agar masyarakat miskin mendapat peluang lebih besar untuk memperoleh beasiswa itu.

Kepala Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri Kemdikbud Suharti mengatakan upaya itu dilakukan dengan memberi bobot penilaian lebih besar pada peserta yang berasal dari daerah tertinggal.

"Kalau menggunakan penilaian yang sama, pasti kalah dari pelamar dari Jawa dan Bali," kata Suharti seperti dikutip Antara, Kamis (29/3).

"Beasiswa ini mendukung upaya pemerintah dalam memperkecil kesenjangan kinerja pendidikan antarkelompok masyarakat, sehingga program ini juga memberikan peluang lebih besar bagi masyarakat miskin dan yang berada di daerah 3T," tambahnya.

Suharti juga mengatakan jumlah pelamar beasiswa dari dari daerah 3T sangat sedikit tanpa merinci jumlahnya.

Pendaftaran Beasiswa Unggulan Kemendikbud tahun 2018 dibuka mulai 20 Maret hingga 19 April.

"Beasiswa ini diberikan untuk mendukung upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui penyediaan bantuan pendidikan dan pelatihan baik melalui jalur gelar maupun non gelar," ujar Suharti.

Suharti menjelaskan beasiswa tersebut diutamakan untuk bidang-bidang yang relevan pada pengembangan pendidikan dan kebudayaan. Bidang prioritas tersebut yakni pendidikan (Pendidikan PAUD, Pendidikan PGSD), kurikulum dan pedagogi, manajemen dan kebijakan Pendidikan, Perfilman, seni pertunjukan, seni musik, kebudayaan, perpustakaan, arkeologi (Permuseuman), teknologi informasi, kebijakan publik, pariwisata, industri kreatif, teknologi pangan, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), maritim, pertanian, dan energi.

Beasiswa ini diberikan kepada mereka yang akan menempuH dan tengah menempuh jenjang pendidikan S1, S2 dan S3.

Seleksi tahap satu dan dua dilakukan pada 20 April sampai dengan 14 Mei 2018. Sedangkan pengumuman pada 15 Mei 2018.

Untuk keterangan lebih lanjut dan pendaftaran bisa dilihat di https://buonline.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/

Sumber: CNN Indonesia