Kopi Kayumas Situbondo akan Dikenalkan di Malaysia


  Senin, 26 Maret 2018 Berita DITJENPDT

SITUBONDO - Juara kopi dunia memang pantas disandang untuk kopi asli Kayumas di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Kualitasnya cukup bagus dibanding kopi lainnya.

Pasalnya, pengelola usaha kopi Kayumas, Didik Suryadi mendapat undangan dari Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal Republik Indonesia dan Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Undangan itu untuk hadir pada acara pameran Archipelago Exchibilition (ARCHEX) 2018, yang akan dilaksanakan di Negeri Jiran Kuala Lumpur Malaysia, 3-4 April 2018 mendatang.

Berdasarkan surat pemberitahuan dengan Nomor : 80/PMD.01.05/III.2018, Kementerian yang di tanda tangani oleh Taufik Madjid, S. Sos. M. Si, selaku Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, bahwa Didik Suryadi pengusaha kopi Kayumas di Kabupaten Situbondo, dinyatakan lulus pada seleksi Calon Peserta ARCHEX di Kuala Lumpur Malaysia.

Lulusnya pengusaha kopi Kayumas itu, berkat hasil survei yang dilakukan oleh Kadubdit Kemitraan Usaha, Berlian Anugrahini bersama Pendamping Desa di Kabupaten Situbondo pada beberapa waktu yang lalu.

Sesuai hasil evaluasi dari Pembina 122 Kabupaten Daerah Tertinggal, Samsul Widodo, Dirjen PDT sangat Konsen dalam membangun Daerah Tertinggal.

Selain itu juga berkat dukungan penuh oleh Bupati dan Wakil Bupati Situbondo, H Dadang Wigiarto dan H Yoyok Mulyadi bersama jajarannya.

Wakil Bupati Situbondo, H Yoyok Mulyadi, mengaku sangat bahagia sekali ketika mendengar berita pengusaha kopi di Kota Santri Bumi Shalawat Nariyah itu, mendapat undangan dari Kemendes dan PDT sebagai delegasi pengusaha kopi Indonesia ke Luar Negeri.

Hal ini kata Yoyok, adalah momentum untuk mempromosikan produk dan potensi yang dimiliki daerah Situbondo ke level dunia.

"Kami sangat bersyukur atas karunia Allah SWT yang telah memberikan kesempatan pada Kabupaten Situbondo untuk memenuhi undangan dari Kemendes ke Luar Negeri," katanya, Minggu (25/3/2018).

Yoyok juga mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Situbondo akan mendorong dan memberikan dukungan penuh kepada para pelaku usaha, tidak hanya kopi.

Kedepannya, harus terus meningkatkan inovasi produk unggulannya guna memajukan daerah apalagi menyambut kunjungan wisata 2019.

Selain itu, Berlian Anugrahini, Kasubdit Kemitraan Usaha Kementerian Desa dan PDT menegaskan, bahwa kopi Kayumas yang dirintis oleh Didik Suryadi sudah sangat layak untuk dipromosikan di pameran ARCHIPELAGO EXHIBITION (ARCHEX).

"Kopi Kayumas sudah memenuhi kreteria eksport. Kami sudah melakukan survei ke Situbondo. Bahwa kopi Kayumas ternyata mempunyai ciri yang khas pada jenis jenis kopinya, sehingga layak untuk ikut menjadi peserta di Malaysia," ungkap wanita kelahiran Jakarta itu.

Sumber: Times Indonesia